Chat Persamaan Irasional (Untung)

Thursday, 24 November 2011, 08:25 AM –> Thursday, 24 November 2011, 11:18 AM

Picture of abdul haris 08:25: abdul haris has left this chat
Picture of abdul haris 08:27: abdul haris has just entered this chat
Picture of I Komang Karyasa 08:28: I Komang Karyasa has just entered this chat
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 08:29: Pudji Mardjuki Achmadi has just entered this chat
Picture of I Komang Karyasa 08:29 I Komang: Selamat pagi Pak Untung dan rekan semua
Picture of abdul haris 08:31: abdul haris has left this chat
Picture of Hastuti Rumanti 08:31 Hastuti: selamat pagi teman-teman ayo bekerja mencerdaskan anak bangsa
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 08:31 Pudji: Selamat Pagi Pak Komang dan juga rekan semua sepertinya pakUntung belum masuk pak
Picture of abdul haris 08:33: abdul haris has just entered this chat
Picture of abdul haris 08:34 abdul: Selamat Pagi Pak Untung dan rekan-rekan semua….
Picture of rini Rini Candrawati 08:35: rini Rini Candrawati has just entered this chat
Picture of abdul haris 08:36 abdul: Kayaknya ini banyak yang sudah siap. Kebetulan ini di Bojonegoro acaranya pertemuan MGMP Matematika.
Picture of Rudi Herdiana 08:40 Rudi: Diskusinya sudah mulai? apa materinya?
Picture of moch hamim 08:41: moch hamim has just entered this chat
Picture of abdul haris 08:41 abdul: belum. Materinya persamaan dan pertidaksamaan irrasional
Picture of Giyar Asih 08:42 Giyar: nyuwun sewu Pak Untung menika jam ipun sakmmenika sampun nedahaken jam 9 lebih 10 kados pundi pak diskusinipun
Picture of Sumarna SPd 08:43: Sumarna SPd has just entered this chat
Picture of moch hamim 08:43: moch hamim has left this chat
Picture of moch hamim 08:44: moch hamim has just entered this chat
Picture of anang mustofa 08:44: anang mustofa has just entered this chat
Picture of Aris Feri 08:44: Aris Feri has just entered this chat
Picture of anang mustofa 08:46: anang mustofa has left this chat
Picture of Suratno S.Pd 08:47: Suratno S.Pd has just entered this chat
Picture of moch hamim 08:47 moch: bagaimana pak untung materi diskusinya koq belum ditampilkan
Picture of moch hamim 08:50: moch hamim has left this chat
Picture of Y.E. Sarwono 08:50: Y.E. Sarwono has just entered this chat
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 08:50 Pudji: maaf rekan-rekan yang sudah hadir, bagaimana sambil menunggu materi dari pak Untung kita sharing mengenai topik sekarang, apa aja lah yang penting tidak terlalu tegang, setuju?
Picture of rini Rini Candrawati 08:51: rini Rini Candrawati has just entered this chat
Picture of abdul haris 08:51 abdul: oke saya siap
Picture of Y.E. Sarwono 08:51 Y.E.: OK. Kami manut saja.
cah ndeso 08:52: rusti yono has just entered this chat
Picture of I Komang Karyasa 08:52 I Komang: Sambil nunggu Pak Untung mari kita diskusi soal: Tentukan penyelesaian : Akar {x+akar(x+11)} + Akar{x-akar(x+11)} = 2
Picture of Y.E. Sarwono 08:53 Y.E.: Teman-teman sudah coba wolfram Alpha?
Picture of Hastuti Rumanti 08:53 Hastuti: inggih monggo
Picture of Giyar Asih 08:54 Giyar: sdh bisa tapi yg materi atas tp yg bawah belum kasih tahu dong pak
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 08:54: Untung Trisna Suwaji, M.Si has just entered this chat
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 08:55 Untung: assalaamu ‘alaikum wr. wb, salam sejahtera dan selamat pagi bapak-bapak ibu-ibu ..
Picture of anang mustofa 08:56: anang mustofa has just entered this chat
Picture of Y.E. Sarwono 08:56 Y.E.: Selamat pagi juga Pak.
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 08:56 Untung: mohon maaf karena masalah teknis jaringan ke laptop, terjadi keterlambatan online
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 08:56 Pudji: Waalaikum salam Pak Untung dan selamat datang
Picture of Giyar Asih 08:56 Giyar: itu lho pak Sarwono yg mencari solusi persamaan yang mengandung akar pangkat 3
Picture of rini Rini Candrawati 08:57 rini: wa’alaikumslm ww pak
Picture of Y.E. Sarwono 08:58 Y.E.: langsung pakai word (eq) sorot trus pilih mathematics-compute-solve for x ketemu kog, Bu Giyarsih.
cah ndeso 08:58 rusti: wa’alaikumslm ww pak
Picture of anang mustofa 08:59 anang: info to : Pak Untung,Sabtu, SMA Muhammdiyah Mlati libur.
Picture of abdul haris 09:00 abdul: Pak komang: jawabnya 7/3
Picture of Y.E. Sarwono 09:00 Y.E.: Pak Untung hari Jumat, 25 Nov 2011 kan hari guru nasional sekolah libur. Bagaimana kalau pretesnya diajukan pagi saja sekitar jam 08.00-10.00 begitu. Nuwun.
Picture of abdul haris 09:00 abdul: teman-teman gmn?
Picture of Rudi Herdiana 09:00 Rudi: tidak ada x yang memenuhi, karena jika hasil hitungan x=5 dimasukan ke soal tidak memenuhi
Picture of abdul haris 09:00 abdul: revisi jawaban: x=5
Picture of Giyar Asih 09:01 Giyar: E Pak ttg pretes diajukan maaf ya kami upacara
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:02 Untung: Pak sarwono, itu cara jitu utk cek jawaban, tetapi prosesnya blm kelihatan ..
Picture of I Komang Karyasa 09:02 I Komang: Benar Pak Rudi
Picture of abdul haris 09:02 abdul: Ya bner ga da jawaban. ga memenuhi syarat x < 2
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:03 Untung: pre test nya siang jam 2 – jam 4 bagi yang kemaren belum pretes
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:04 Untung: mohon maaf tidak melihat memory chat, jadi belum tahu soal yang didiskusikan, bisa di upload ulang?
Picture of Sumarna SPd 09:05 Sumarna: Ass Wr Wb.
Picture of Giyar Asih 09:05 Giyar: Pak Wono aq sdh buka Wolfram alpaha tp tdk ada pilihan yg bpk sampaikan mohon aq di sms perlangkahnya
Picture of Sumarna SPd 09:06 Sumarna: Selamat hari guru bagi semua rekan seperjuangan semoga pengabdian kita semua yang disertai keikhlasan akan menjadi amal sholeh…amin
Picture of Y.E. Sarwono 09:06 Y.E.: Bu Giyar Asih kalau akar pangkat 3 itu gak usah pakai wolfram langsung pakai ms-word saja di sana sudah ada fasilitas untuk itu.
Picture of Rudi Herdiana 09:07 Rudi: Pak Untung, bagaimana soalnya sudah ada?
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:07 Untung: belum pak rudi ,,
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:07 Untung: maksudnya soal dari kami?
Picture of Rudi Herdiana 09:08 Rudi: ya. tadi kan baru soal dari peserta
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:09 Untung: ok pak, coba perhatikan permasalahan berikut, dimana letak kesalahannya
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:10 Untung: sqrt(-1) . sqrt(-1) = sqrt(-1) . sqrt(-1) ……. 1
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:10 Untung: sqrt ((-1).(-1)) = (sqrt (-1))^2 ……………. 2
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:11 Untung: sqrt(1) = -1 …………………3
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:11 Untung: 1 = -1 …………………. 4
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:11 Untung: tentu saja kesimpulan yang salah, nah dimana letak kesalahan proses di atas?
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:12 Untung: sqrt pengganti lambang untuk akar ..
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 09:12 Pudji: di langkah 2 pak
Picture of I Komang Karyasa 09:12 I Komang: pada langkah 2 ya pak
Picture of Giyar Asih 09:13: Giyar Asih has left this chat
Picture of Suratno S.Pd 09:13 Suratno: langkah 3 slah
Picture of Sumarna SPd 09:13 Sumarna: Salahnya SQRT(-1) hasilnya imajiner seharusnya dibawah akar harus >=0
Picture of Rudi Herdiana 09:13 Rudi: sqrt((-1)^2=sqrt(1)=1 bukan -1
Picture of Y.E. Sarwono 09:13 Y.E.: syarat sqrt(a) adalah a>=0. Dengan semesta bilangan Real permasalahan (1) dan (2) sudah tidak memenuhi. Sesuai definisi sqr(a) adalah bilangan positif atau 0 sehingga permasalahan (3) juga terdaqpat kesalahan, karena -1.
Picture of anang mustofa 09:14 anang: langkah 2 terus langkah 3 ruas kanan
Picture of abdul haris 09:17 abdul: Salah pada langkah ke-2 pada ruas kiri
Picture of rini Rini Candrawati 09:17 rini: langkah yang kedua pak
Picture of Y.E. Sarwono 09:17 Y.E.: kesalahan pada langkah 3 adalah “akar dari suatu bilangan tidak boleh negatif”.
Picture of Rahmat Zailani 09:18: Rahmat Zailani has just entered this chat
Picture of abdul haris 09:19 abdul: sqrt(-1).sqrt(-1) tidak sama dengan sqrt ((-1).(-1))
Picture of Rudi Herdiana 09:19 Rudi: akar(a)^2=a, tapi hanya berlaku untuk a>=0
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:19 Untung: ok .. pak sarwana benar
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:20 Untung: bapak ibu yang lain sudah jelas?
Picture of abdul haris 09:20 abdul: pada sifat sqrt(a) . sqrt (b) = sqrt (a.b), dengan syarat a, b >=0
Picture of Rahmat Zailani 09:20 Rahmat: jelas pak.
Picture of Rahmat Zailani 09:21: Rahmat Zailani has left this chat
Picture of Aris Feri 09:21 Aris: salah pada 2 karena pada sifat sqrt(a) x sqrt (b) = sqrt(ab)
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 09:21 Pudji: betul pak syarat menjadi langkah utama dalam penyelesaian
Picture of I Komang Karyasa 09:22 I Komang: pada syaratnya juga tidak dipenuhi
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:22 Untung: pak aris, pada paradoks di atas, sifat itu dipakai untuk menyederhanakan ruas kiri langkah 2
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:23 Untung: sedangkan ruas kanan disedeerhanakan melalui sifat a.a = a^2
Picture of moch hamim 09:23: moch hamim has just entered this chat
Picture of rini Rini Candrawati 09:23: rini Rini Candrawati has left this chat
Picture of rini Rini Candrawati 09:23: rini Rini Candrawati has just entered this chat
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:24: Untung Trisna Suwaji, M.Si has left this chat
Picture of rini Rini Candrawati 09:24: rini Rini Candrawati has left this chat
Picture of Rudi Herdiana 09:24 Rudi: Pa Untung, bagaimana kalau dilanjut lagi
Picture of abdul haris 09:25 abdul: Pak, tergantung semesta jg. kalau semesta bilangan riil maka dari langkah 1 sudah keliru
Picture of abdul haris 09:26 abdul: Kalau semesta bilangan kompleks, langkah 2 yang keliru
Picture of abdul haris 09:26 abdul: gmn pak untung?
Picture of abdul haris 09:26 abdul: mohon ditanggapi
Picture of Sumarna SPd 09:27 Sumarna: bicara masalah syarat selain syarat awal juga sering kita dapatkan syarat yang kita temukan di tengah penyelesaian sejauh mana itu mempengaruhi sebab pada kasus tertentu syarat itu jadi tak penting contoh soal pretest no 3 mohon tanggapan rekan-rekan
Picture of Y.E. Sarwono 09:28 Y.E.: materi kita kan persamaan dan pertidaksamaan irasional dengan semesta bilangan real.
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:28: Untung Trisna Suwaji, M.Si has just entered this chat
Picture of rini Rini Candrawati 09:29: rini Rini Candrawati has just entered this chat
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:30 Untung: maaf trouble lagi koneksinya ..
Picture of Y.E. Sarwono 09:30 Y.E.: Menanggapi Pak Sumarna: pretes tiga juga mensyaratkan x lebih dari = 5 dan x lebih dari = -7 sehingga syaratnya menjadi x >=5.
Picture of Rudi Herdiana 09:31 Rudi: Benar pak sarwono, kayaknya masalah tadi diluar bahan diskusi kita, tadi membahas bentuk akar
Picture of Giyar Asih 09:32: Giyar Asih has just entered this chat
Picture of Y.E. Sarwono 09:32 Y.E.: Halo Bu Giyar Asih selamat bergabung lagi….
Picture of Giyar Asih 09:33: Giyar Asih has left this chat
Picture of Rudi Herdiana 09:33 Rudi: emangnya bu giyar dari mana dulu?
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:33 Untung: bagaiman bapak-ibu, soal pertama cukup? berkaitan persamaan irasional, berbentuk sqrt(f(x)) = g(x) atau sqrt (f(x)) = sqrt(g(x)) haruslah dipenuhi f(x)>=0 dan g(x)>=0
Picture of Giyar Asih 09:33: Giyar Asih has just entered this chat
Picture of Y.E. Sarwono 09:34 Y.E.: Cukup Pak
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:34 Untung: tambahan: untuk semesta bilangan real ..
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:34 Untung: ok.. lanjut ke persoalan ke-2
Picture of Rudi Herdiana 09:35 Rudi: siap pak
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:35 Untung: (sqrt(x))/(2-x) < 3 …. bagaimana cara penyelesaiannya?
Picture of Rahmat Zailani 09:36: Rahmat Zailani has just entered this chat
Picture of Giyar Asih 09:37 Giyar: untuk pengerjaan dr persm ………1 ke prsamaan ……….2 syarat nya tidak dipenuhi , akar a x akar b = akar(ab) jika a, dan b lbh dr at sm dg 0, .kmd dr pers …..2 ke pers …….3 boleh dikuadratkan jika yg dibawah tanda akar lebih dr at sm dg 0 , akar a lebih dr at sm dg 0 utk a lbh dr at sm dg 0
Picture of Rudi Herdiana 09:38 Rudi: syaratnya adalah 0<=x<2, penyelesaiannya adalah x=9/5
Picture of Rudi Herdiana 09:38 Rudi: syaratnya adalah 0<=x<2, penyelesaiannya adalah x=9/5
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:39 Untung: benar bu giyar asih ..
Picture of Rudi Herdiana 09:40: Rudi Herdiana has left this chat
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:40 Untung: soalnya pertidak samaan pak rudi .. jadi jawabannya mungkin bukan x = … bagaimana?
Picture of anang mustofa 09:40 anang: Kedua ruas dikuadratkan, syarat x lebih dari sama dg 0 kurang dr 2,ruas kanan dibuat nol samakan penyebutnya. dihitung
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:41 Untung: pak anang, apakah harus x>=2?
Picture of Y.E. Sarwono 09:41 Y.E.: Jawaban: 0<=x<2 atau x>4.
Picture of Giyar Asih 09:42 Giyar: jwb yg akar (x/(2-x) < 3 adalah syarat yg dibawah tanda akar hrs > 0, diperoleh syarat x > at sm dg 2 kmd syarat ke 2) utk sarat pertidksmma dpt dikuadratkan didpt x > 3/2 sehingga jk digabung tdk ada solusinya krn disyaratkan > 3 tapi yg lebih dari 1, 5 jadi hp ={ }
Picture of anang mustofa 09:43 anang: maksud kami x tidak boleh sama dg 2 atau penyebutnya tdk boleh nol
Picture of Y.E. Sarwono 09:44 Y.E.: Pengerjaan: langkah 1. ((sqrt(x))/2-x)-3<0 tentu dengan syarat x > =0 tetapi tdk sm dengan 2.
Picture of Giyar Asih 09:44 Giyar: maaf pak syarat yg dibawah tanda akar itu >2 bkn >3
Picture of Giyar Asih 09:44 Giyar: kmd syarat dibawah tanda akar itu bkn hny > tp > at sm dg
Picture of Y.E. Sarwono 09:45 Y.E.: langkah 2. ((sqrt(x)+3).(sqrt(x)-2)/(2-x)<0.
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:45 Untung: syarat pak Sarwono benar
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:45 Untung: ok pak anang
Picture of moch hamim 09:46 moch: syarat persamaan dibawah tanda akar haruslah >=0 jadi syarat yang memenuhi adalah x>=0 atau x<2 dan penyelesaiannya adalah 0<=x<=2
Picture of Rahmat Zailani 09:47: Rahmat Zailani has left this chat
Picture of Giyar Asih 09:47 Giyar: jwb akhir yg benar apa pak?
Picture of Y.E. Sarwono 09:48 Y.E.: langkah 3. ada 2 kemungkinan: a. sqrt(x)-2 < 0 dan 2 – x > 0 yang mengakibatkan 0<=x<2. b. sqrt(x)-2>0 dan 2-x<0 yang mengakibatkan x>4. Jadi jawaban: 0<=x<2 atau x>4
Picture of Sumarna SPd 09:48: Sumarna SPd has left this chat
Picture of moch hamim 09:50 moch: maaf pak sarwono jika salah satu penyelesaiannya x>4, maka bilangan dibawah tanda akar akan imaginer
Picture of moch hamim 09:50 moch: maaf pak sarwono jika salah satu penyelesaiannya x>4, maka bilangan dibawah tanda akar akan imaginer
Picture of Giyar Asih 09:51 Giyar: aq setuju dg pdpt p moch jk menurut aq jwbnya tdk ada solusi art hp = { }
Picture of abdul haris 09:51 abdul: syarat awal x>=0, x tidak sama dengan 2
Picture of Giyar Asih 09:52 Giyar: gimana Pak Untung yg benar brp jwbnya nuwun
Picture of I Komang Karyasa 09:52: I Komang Karyasa has left this chat
Picture of Giyar Asih 09:53 Giyar: krn jk syaray awal dan syarat pertdksm digabung akan tdk ada nilai x yg memenuhi ke 2 sarat
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 09:53 Pudji: kalau solusinya himpunan kosong bagaimana contoh saja x = 1 ? itukan memenuhi pertidaksamaan
Picture of moch hamim 09:54 moch: karena menurut saya jawabannya 0<=x<2
Picture of Giyar Asih 09:54 Giyar: krn syarat awal x> at = 2 dan sarat pertdksm x> at smdg 3/2 jadi hp ={ }
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 09:57 Untung: sebentar .. sy juga lagi mencari kok hasilnya tidak sama dengan tman2 ya ..
Picture of Giyar Asih 09:58 Giyar: revisi syarat awal x>at=2 dan sarat pertdksm x
Picture of Giyar Asih 09:59 Giyar: revisi sy awal x>at=2 dan sy pertdksm x< at=3/2 artinya tdk ada nilai x yg memenuhi hp = { }
Picture of I Komang Karyasa 09:59: I Komang Karyasa has just entered this chat
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:00 Untung: hasil saya pakai akar-akar, ternyata tidak bulat .. seperti hasil p sarwono dkk..
Picture of Giyar Asih 10:00 Giyar: memangnya jwb bapak brp jk aq boleh tahu
Picture of Giyar Asih 10:00 Giyar: ntar kita cari solusinya bareng2
Picture of abdul haris 10:01 abdul: Sudah ketemu
Picture of abdul haris 10:01 abdul: nulis jawabannya agak kesulitan
Picture of abdul haris 10:01 abdul: batas-batas interval irasional
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:01 Untung: berapa pak abdul haris ? pakai bentuk akar?
Picture of Giyar Asih 10:02: Giyar Asih has left this chat
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:03 Untung: ada bentuk ini 37/18-1/18*73^(1/2)?
Picture of Giyar Asih 10:04: Giyar Asih has just entered this chat
Picture of abdul haris 10:04 abdul: Iya pak
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 10:04 Pudji: saya dapatnya sama pak sekitar 3,7
Picture of Giyar Asih 10:05 Giyar: maaf pak interneku nggelak mati gimana sy awalku x>at=2 dan sy pertdksm x>at=1,5 artinya td ada nilai x
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:05 Untung: pak puji pakai kalkulator?
Picture of I Komang Karyasa 10:05 I Komang: maaf pak putus tadi. ya saya dapat juga begitu dengan memisalkan akar x = a
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 10:05 Pudji: tidak pak untuk memastikan akarnya saja setelah bentuk dari rumus abc nya diperileh
Picture of Giyar Asih 10:06 Giyar: jk boleh tahu jwb bp spt apa? kasih tahu kami biar kami juga bisa ikut berpikir gimana pak?
Picture of abdul haris 10:06 abdul: Tambahan bu: Jawabannya spt itu, tapi sepasang bu. yang pertama seperti itu yang berikutnya:37/18+1/18*73^(1/2)
Picture of rini Rini Candrawati 10:06: rini Rini Candrawati has left this chat
cah ndeso 10:07: rusti yono has left this chat
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:07 Untung: hasil saya 02
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:07 Untung: eh bukan yang di atas
Picture of Giyar Asih 10:07 Giyar: tolong pak untung jk aq salah toh bisa bpk kasih tahu sama aq gimana pak?
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:08 Untung: 02
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:08 Untung: kok munculnya itu lagi ya ..
Picture of Giyar Asih 10:08 Giyar: aq malah jadi bingung pak kenapa jwbnya 02 mohon bp kasih tahu kami penalarannya
Picture of rini Rini Candrawati 10:09: rini Rini Candrawati has just entered this chat
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:09 Untung: 02
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:09 Untung: bukan 02
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:09 Untung: tapi saya ketik yang muncul di chat 02
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:09 Untung: sebentar saya cari masalahnya
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:10 Untung: 02
Picture of abdul haris 10:10: abdul said to :
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:10 Untung: pakai kata-kata saja
Picture of Y.E. Sarwono 10:10 Y.E.: Soalnya pertidaksmaan to? kog hasilnya bisa begitu?
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:11 Untung: nol kecil dari x kecil dari 37/38 – sqr(73)/18 atau x>2
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:11 Untung: bukan 02 pak .. saya masukkan per-per, lbh kecil dsb, tapi yg muncul di chat 02
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:11 Untung: diulang berkali2 keluarnya itu ..
Picture of Giyar Asih 10:11 Giyar: gimana pak jk 3/2
Picture of abdul haris 10:12 abdul: maaf, jawabannya sama dengan jawaban saya. tadi keliru di garis bilangan
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:12 Untung: bu giyar bagaimana langkah2nya
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:13 Untung: pak sarwono, langkah kedua kok hasilnya sperti itu?
Picture of Giyar Asih 10:13 Giyar: maaf pak hasil ketikannya munculnya kaya gitu maksudku x lebih dari at smdg 3/2 dan kurang dr 2
Picture of moch hamim 10:13: moch hamim has left this chat
Picture of moch hamim 10:13: moch hamim has just entered this chat
Picture of Giyar Asih 10:14 Giyar: jd hp = {x\3/2
Picture of abdul haris 10:14 abdul: langkah 1: syarat awal x>=0, x tdk =2.
Picture of abdul haris 10:14 abdul: Langkah 2: ruas kanan di nol kan
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:14 Untung: ok pak abdul
Picture of Giyar Asih 10:14 Giyar: maaf pak hsl ketikannya jk dikirim lucu tdk sesuai yg kuketik
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:15 Untung: kasusnya sama bu giyar ..
Picture of abdul haris 10:15 abdul: Langkah 3. kita cari pembuat nol ruas kiri
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:15 Untung: pak abdul: sqr(x)/(2-x) – 3 < 0 begitu?
Picture of Nandang Permana Jaya 10:15: Nandang Permana Jaya has just entered this chat
Picture of moch hamim 10:16 moch: jadi kesimpulan penyelesaiannya gimana pak untung trisna
Picture of Nandang Permana Jaya 10:16: Nandang Permana Jaya has left this chat
Picture of abdul haris 10:16 abdul: inggih pak….
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:16 Untung: sbntar, ni pak abdul lagi menyampaikan idenya
Picture of Giyar Asih 10:17 Giyar: pak sy awal dulu yg sy dibawah tanda akar itu x lbhdr at smdh 0, dan x kurang dr 2 art sy awal x lbhdratsmdg 0 dan kurang dr 2 gimana pak
cah ndeso 10:17: rusti yono has just entered this chat
Picture of Rudi Herdiana 10:17: Rudi Herdiana has just entered this chat
Picture of Giyar Asih 10:17 Giyar: kmd sy pertdksman
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:17 Untung: p haris: bagaimana langkah mencari pembuat nol-nya
Picture of Rudi Herdiana 10:17: Rudi Herdiana has left this chat
Picture of Y.E. Sarwono 10:18 Y.E.: Jika kedua ruas dikuadratkan apakah gak pakai syarat: (sqrt(x))/(2-x)^2 harus lebih dari -3? Mohon tanggapan.
Picture of abdul haris 10:18 abdul: Maaf bu asih, untuk x<2 saya kira tdk perlu
Picture of Rudi Herdiana 10:18: Rudi Herdiana has just entered this chat
Picture of moch hamim 10:18 moch: kalau saya setuju dengan penyelesaian saya yang tadi bahwa penyelesaiannya 0<=x<2
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 10:18 Pudji: 02
Picture of Rudi Herdiana 10:19: Rudi Herdiana has left this chat
Picture of Y.E. Sarwono 10:19 Y.E.: Karena kalau kurang dari -3 jika dikuadratkan pasti lebih dari 9.
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 10:19 Pudji: sama pak Untung keluarnya jadi 02
Picture of Giyar Asih 10:19 Giyar: sy pertdksm x lbh dr 3/2 art x lbh dr at smdg 3/2 dan xkurangdr 2
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:19 Untung: sbntar pak sarwono…
Picture of Rudi Herdiana 10:19: Rudi Herdiana has just entered this chat
Picture of Rudi Herdiana 10:20: Rudi Herdiana has left this chat
Picture of Y.E. Sarwono 10:20 Y.E.: Jika jawaban hanya 0<=x<2 coba substitusikan x=9 kan benar jadi 9 harusnya menjadi penyelesaian to? Pak moch hamim..
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:21 Untung: pak sarwono coba teruskan dulu, syaratnya sementara pakai syarat yang ditentukan di awal
Picture of Sumarna SPd 10:21: Sumarna SPd has just entered this chat
Picture of abdul haris 10:21 abdul: Nanti diperoleh: pembuat nol x=2 , x=(37+-sqrt73)/18
Picture of rini Rini Candrawati 10:21: rini Rini Candrawati has left this chat
Picture of Sumarna SPd 10:21: Sumarna SPd has left this chat
Picture of abdul haris 10:22 abdul: Langkah 4: buat garis bilangan untuk menguji tanda, yang harus diperhatikan ke empat daerah di garis bilangan harus diuji.
Picture of I Komang Karyasa 10:22 I Komang: apa himp penyelesaiannya 0<= x < 1,4 atau 1,6 < x < 2.Pak.saya dptkn [3a^2 + a – 6]/(a^2 – 2) . a1 = 1,6 dan a2 = 2,6
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:22 Untung: pak abdul: masih dalam bentuk pecahan kemudian dicari pembuat nol untuk pembilang dan penyebut?
Picture of Giyar Asih 10:22 Giyar: oh ya betul pak aq setuju jk x lbh dr smdg 0 dan kurang dr2
Picture of Y.E. Sarwono 10:23 Y.E.: Tapi saya juga agak ragu di mana salahnya untuk x > 4, karena jika x=3 saya substitusikan ketidaksamaan menjadi benar, jadi x = 3 harusnya juga merupakan penyelesaian. Saya masih bingung di mana letak kesalahannya.
Picture of rini Rini Candrawati 10:23: rini Rini Candrawati has just entered this chat
Picture of Giyar Asih 10:24 Giyar: nalarnya gimana pak sarwono knp bisa x lbh dr 4 betul
Picture of Y.E. Sarwono 10:24 Y.E.: Saya jadi ragu jangan-jangan jawabnya x>=0 tetapi x tidak sama dengan 2, tapi bagaimana caranya ya?
Picture of Suratno S.Pd 10:25: Suratno S.Pd has left this chat
Picture of abdul haris 10:25 abdul: Pak untung: hasil yang irasional, itu kita hitung pakai kalkulator, dan hasil berupa nilai pendekatan.kita nyatakan dalam desimal
Picture of Y.E. Sarwono 10:25 Y.E.: akar 4 dibagi (2-4) sama dengan -1 < 3
Picture of suyanto Pak Y 10:26: suyanto Pak Y has just entered this chat
cah ndeso 10:26: rusti yono has left this chat
Picture of I Komang Karyasa 10:26 I Komang: Pak Untung bagaimana penyelesaian saya apa salah
Picture of Y.E. Sarwono 10:27 Y.E.: Saya tunggu jawaban dari Pak Untung sajalah. Apa saya salah soal ya? Soal yang saya kerjakan (sqrt(x)/(2-x))<3
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:27 Untung: coba buka website ini : http://tinyurl.com/irasional123
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:28 Untung: untuk melihat tampilannya
Picture of moch hamim 10:28 moch: pak sarwono soalnya betul dan bilangan dibawah tanda akar harus terdefinisi dan boleh sama dengan nool
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:28 Untung: mohon dikoreksi kalau salah
Picture of Rudi Herdiana 10:29: Rudi Herdiana has just entered this chat
Picture of Giyar Asih 10:29 Giyar: jk menurut aq sy awalnya x lbh dr at sm dg 0 dan x kurangdr 2, dan sy pertdk sm x kurang dr at sm dg 1,8 disatukan shg hp = x lbh dr at smdg 0 dan kurang dr 1,8 gimana pak?
Picture of Y.E. Sarwono 10:30 Y.E.: Pak yang di dalam akar itu x saja atau x/(2-x) to?
Picture of abdul haris 10:30 abdul: pak sarwono: jawabanya bukan x>=0, x tidak sama dengan 2
Picture of abdul haris 10:30 abdul: coba di cek x=1,7 ga memenuhi
Picture of Y.E. Sarwono 10:31 Y.E.: Terima asih Pak saya sudah melihat jawaban Bapak. Saya mengerjakannya juga begitu tadi.
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:31 Untung: http://tinyurl.com/irasional123
Picture of suyanto Pak Y 10:32: suyanto Pak Y has left this chat
Picture of Y.E. Sarwono 10:32 Y.E.: Trus yang atas kan dapat difaktorkan jadi (sqrt(x)+3)(sqrt(x)-2)
Picture of I Komang Karyasa 10:32: I Komang Karyasa has left this chat
Picture of Y.E. Sarwono 10:34 Y.E.: Trus ada 2 kemungkinan: 1. pembilang positif dan penyebut negatif. 2. pembilang negatif dan penyebut positif. Untuk pembilang (sqrt(x)+3) selalu positif. sehingga yang diperhatikan tinggal sqrt(x)-2
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:35 Untung: bntar pak sarwono, yang atas ada 3x-nya, kok bisa seperti itu?
Picture of Y.E. Sarwono 10:36 Y.E.: Oh benar Pak saya salah saya masih x harusnya 3x. Terimakasih Pak.
Picture of Y.E. Sarwono 10:36 Y.E.: Saqya akan coba lagi dech…
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:36 Untung: ya .. itu yang menyebabkan hasilnya tidak bulat … tapi ada bentuk akar
Picture of abdul haris 10:36 abdul: pak sarwono: tidak bisa di faktorkan
Picture of abdul haris 10:37 abdul: di cek lagi
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:37 Untung: karena harus pakai rumus akar atau kuadrat sempurnya
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:37 Untung: langkah berikutnya cari nilai-nilai 0 untuk pembilang dan penyebut
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:38 Untung: pembilang : 3x + sqr(x) – 6 = 0, dicari x nya
Picture of Y.E. Sarwono 10:38 Y.E.: OK Pak. terima kasih. Maaf tadi saya tidak teliti.
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:38 Untung: penyebut : 2 – x = 0
Picture of Rudi Herdiana 10:39 Rudi: jawabnya : 0<=x<1/18(37+akar(73))
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:39 Untung: nilai-nilai 0 tadi dipakai untuk menentukan daerah positif negatifnya di garis bilangan
Picture of abdul haris 10:39 abdul: Ooo..tadi maksud pak untung itu
Picture of abdul haris 10:39 abdul: baru nangkap pak
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:39 Untung: pak rudi, … + akar … atau … – akar … ?
Picture of abdul haris 10:40 abdul: Memang benar cari pembuat nol pembilang dan penyebut
cah ndeso 10:41: rusti yono has just entered this chat
Picture of Rudi Herdiana 10:41 Rudi: pak untung tapi yang ….-akar tidak memenuhi syarat jadi yang memenuhi yang ….+akar
Picture of abdul haris 10:41: abdul haris has left this chat
Picture of Pudji Mardjuki Achmadi 10:42: Pudji Mardjuki Achmadi has just entered this chat
Picture of Giyar Asih 10:42 Giyar: pak untung tolong kasih tahu nilai 0 pembilang gimana?
Picture of Giyar Asih 10:43 Giyar: ya betul terus?
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:45 Untung: nilai nol pembilang dicari dengan mencari solusi 3*x-sqr(x)-6=0
Picture of abdul haris 10:48: abdul haris has just entered this chat
Picture of abdul haris 10:49 abdul: Gmn?
Picture of Y.E. Sarwono 10:49 Y.E.: Bukan 3*x+sqrt(x)-6=0 Pak?
Picture of Y.E. Sarwono 10:49 Y.E.: -sqrt(x) apa sqrt(x) Pak?
Picture of Giyar Asih 10:49 Giyar: bentuk akar x dikurangi 6 ditambah 3x smdg 0 itu dibuat 6 dipindah ke ruas kanan bsru dikuadratkan gimana?
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:50 Untung: btul pak sarwono, sy salah ketik .. yang bener +sqr
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:51 Untung: bisa bu giyar, teruskan sampai diperoleh nilai x nya
Picture of Giyar Asih 10:52 Giyar: nah terusnya itu lho pak gimana?
Picture of Giyar Asih 10:53 Giyar: itu berarti ada x pangkat 2, pangkat 1,5 pangkat 1 dan pangkat 0 piye carane pak? tolong teruskan di tinyurl aja ya pak
Picture of Giyar Asih 10:53 Giyar: itu berarti ada x pangkat 2, pangkat 1,5 pangkat 1 dan pangkat 0 piye carane pak? tolong teruskan di tinyurl aja ya pak
Picture of Giyar Asih 10:55 Giyar: krn jk diketik disini bisa salah soal kan pemahamannya jadi beda spt soal tadi
cah ndeso 10:55 rusti: Negattif juga bisa pak, jika -(3x+sqrt(x) – 6) / x-2 < 0 ya kan Pak Untung.
Picture of abdul haris 10:55 abdul: Maaf baru masuk, Pertanyaannya apa Pak?
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:56 Untung: masih yang tadi pak haris ..
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:57 Untung: ternyata hasilnya rumit …
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 10:57 Untung: bu giyar sudah melihat?
Picture of Giyar Asih 10:59 Giyar: maaf pak jk aq teruse ple mines kurung buka 1 plus minus akar 73 per 6 terus semua dikuadratkan
Picture of Herinta Yogi Rostana  S.T M.Si 11:00: Herinta Yogi Rostana S.T M.Si has just entered this chat
Picture of Aris Feri 11:00: Aris Feri has left this chat
Picture of Rudi Herdiana 11:00 Rudi: pak untung, dilanjut lagi?
Picture of Rudi Herdiana 11:00 Rudi: pak untung, dilanjut lagi?
Picture of Y.E. Sarwono 11:01 Y.E.: Pembuat nol-nya untuk sqrt(x) = -1,59 dan sqrt(x) = 1,25. Tapi sqrt(x) kan tidak mungkin negatif. Bagaimana kalau jawabnya 0<=x<=1,58 atau x>2 . Mohon tanggapan. Maaf saya hitung pakai kalkulator.
Picture of Y.E. Sarwono 11:02 Y.E.: (1,25)^2 kami bulatkan 1,58. Mohon tanggapan teman-teman.
Picture of Herinta Yogi Rostana  S.T M.Si 11:02: Herinta Yogi Rostana S.T M.Si has left this chat
Picture of abdul haris 11:03 abdul: pembuat nol pembilang x=1,58… dan x=2,58…
Picture of Y.E. Sarwono 11:05 Y.E.: Menanggapi Pak Abdul Haris 2,58 kan diperoleh dari (-1,59)^2. Padahal yang -1,59 itu bukan x tetapi sqrt(x).
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:05 Untung: pak sarwono dan pak haris pakai pendekatan numerik ..
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:06 Untung: x=2,53 … atau x=1,58…
Picture of Y.E. Sarwono 11:06 Y.E.: Ingat sqrt(x) tidak mungkin negatif (definisi dalam pembelajaran kita). Saya hitung dengan ms-exel Pak, habis kalau masih bentuk akar menyebabkan keliru. Tapi masih bisa kog ditulis dalam bentuk akar, jika jawaban memang sudah benar.
Picture of abdul haris 11:07 abdul: pembuat nol pembilang: diperoleh persamaan irasional
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:07 Untung: tapi ketemu x nya kan pak haris …
Picture of abdul haris 11:09 abdul: sqrt (x) +3x-6=0
Picture of abdul haris 11:09 abdul: ketemu pak, yang sy sebutkan di atas
Picture of Y.E. Sarwono 11:09 Y.E.: Andai benar, berarti jawabnya 0<= x < (-1+sqrt(73))^2/36 atau x > 2.
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:10 Untung: pak haris, buka di jendela baru http://tinyurl.com/irasional123
Picture of abdul haris 11:10 abdul: Iya pak tepat sekali
Picture of Y.E. Sarwono 11:10 Y.E.: Sekali lagi andaikan jawaban saya itu benar. Mari kita uji dengan memilih nilai x-nya.
Picture of abdul haris 11:11 abdul: sebentar pak sarwono
Picture of abdul haris 11:12 abdul: jawaban sy:
Picture of Y.E. Sarwono 11:12 Y.E.: Wah satu soal saja susah ya… Bagaimana dengan murid-murid kita. Jangan-jangan mereka malah lebih cepat dari kita ya.
Picture of Giyar Asih 11:12 Giyar: pak itu berarti x1 smdg1,5dan x2smdg2,5 terus gimana pak untung
Picture of Y.E. Sarwono 11:13 Y.E.: Saya tunggu Pak Haris.
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:13 Untung: bu giyar, buat garis bilangan, cari daerah positif dan negatif untuk pembilang
Picture of abdul haris 11:13 abdul: 0<=x<1,58… atau x>2
Picture of Giyar Asih 11:13 Giyar: wah bisa jadi pak wono jk aq kan sdh secepat saat sekolah
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:13 Untung: di bawahnya dibuat garis bilangan daerah positif dan negatif untuk penyebut
Picture of abdul haris 11:13 abdul: Giyar: iya bu.. itu untuk pembilang
Picture of Giyar Asih 11:14 Giyar: sdh tdk dpt mikir cepet maksutku pak
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:14 Untung: dari dua garis bilangan di atas, dibuat di bawahnya garis bilangan baru yang berisi daerah positif dan negatif hasil pembagiannya
Picture of Giyar Asih 11:14 Giyar: sdh pak kubikin grs bil kmd dicari yg negatif ya
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:15 Untung: sampai hsl pembagiannya?
Picture of Giyar Asih 11:15 Giyar: jk ya art x lbh dr 1,5 dan kurang dr 2,5 dan x tdk sm dg 2 ya ndak pak
Picture of abdul haris 11:15 abdul: Jawaban yang benar apa Pak?
Picture of Rudi Herdiana 11:16: Rudi Herdiana has left this chat
Picture of Y.E. Sarwono 11:16 Y.E.: Untuk Bu Giyar Asih: Maaf kalau saya kurang setuju jika x2 = 2,5 karena 2,5 itu jika sqrt(x) = -1,59. Padahal sqrt(x) gak mungkin negatif.
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:16 Untung: bntar, cari lagi, tadi sudah sy sebutkan di atas
Picture of Y.E. Sarwono 11:17 Y.E.: Kalau saya seperti yang saya tuliskan pukul 11.01 atau 11.09 tadi. Trims.
Picture of Giyar Asih 11:17 Giyar: tolong hslnya tulis aja lagi ya
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:17 Untung: bapak2 ibu2, di laptopnya ada geogebra?
Picture of abdul haris 11:17 abdul: ada
Picture of Untung Trisna Suwaji, M.Si 11:17 Untung: untuk konfirmasi jawaban, coba buka geogebra
Picture of abdul haris 11:18 abdul: Ooo..sama dengan jawabannya saya
Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: